Cara Gue Menabung Zaman Now Untuk Masa Depan Cerah

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh


Ilustrasi Menabung ibaratkan seperti menanam sebuah tanaman yang akan mekar pada waktunya.. ciayoo (sumber : unsplash. com


Hey Rizki, bicara soal menabung mengingatkan saya sejak kecil pernah melakukan kebiasaan ini untuk memperoleh barang yang akan saya idamkan, selain itu pengetahuan menabung saya dapatkan dari orangtua saya khususnya mama 👩 dan mata pelajaran sewaktu sekolah dasar. 


Sempat ada sebuah pepatah yang pernah saya denger, kalau ga salah sih berbunyi " Hemat pangkal kaya, menabung pangkal kaya". Pepatah tersebut melekat dalam ingatan kecil saya yang membuat saya gemar menabung, dan parahnya saya terlalu ambisius untuk menabung hingga uang jajan saya tidak saya belanjakan untuk membeli makan jam istirahat sekolah.


Huhu jadi inget perjuangan menabung zaman dulu, tapi asik sih haha antara perjuangan ga jajan dan mendapatkan barang yang diinginkan. Celengan berbentuk ayam dan celengan kubus dari kaleng sering jadi korban pembongkaran walaupun dulu saking penasaran sama isinya malah dibuka dikit untuk menghitung jumlahnya dan kemudian diberi lakban hitam untuk mentutupi yang terbuka itu. 


Kalau tabungannya udah mulai berat dan kalau di goncangkan terasa berisi, nah saatnya pisau atau gunting membongkar isi celengan tersebut. Sempat pernah sih, bangga dan senang menabung mendapatkan uang sekitar Rp. 120.000 terus mbak saya nukar dengan uang selembar berwarna merah cuma saya ga mau hahahaha (dikirain satu lembar ga ada nilainya taunya kalau sekarang itu mah Rp. 100 rb). 


Sewaktu lulus kuliah dan memulai pekerjaan. saya mulai tertarik dan melek dengan finansial, hingga ada sebuah artikel dari kompas yang direkomendasikan di layar browser handphone saya. nah menurut CEO Indika Energy mengatakan bahwa "dulu menabung pangkal kaya, sekarang investasi pangkal kaya".



CEO Andika Energy : Dulu Menabung Pangkal Kaya, Sekarang Investasi Pangkal Kaya (http://kompas.com


Di artikel tersebut, beliau mengajak kaum milenial untuk membalikkan mindset (pola pikir) bahwa menabung saja tidak cukup menjadi kaya, tetapi cobalah untuk berinvestasi karena dengan investasi memiliki keuntungan yang lebih besar dibandingkan menabung.


Perlahan pikiran saya terlintas, oiyah kok nabung dulu tetap aja segitu-gitu ya hasilnya haha, sehingga membuka pikiran saya. Saya mulai tertarik dan mulai belajar perlahan-lahan tentang investasi. Mulai dari menonton youtube, berdiskusi disuatu komunitas, dan orang disekitar. Namun saya tidak mau salah melangkah, mulai saya memahami jenis-jenis investasi seperti ada saham, reksadana, emas & logam dan lainnya. Semua sudah saya pelajari dan saya menemukan sebuah aplikasi investasi yang berbasis investasi reksadana.
 

Nah sebelum melanjut, reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke dalam portofolio investasi, seperti saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya (wikipedia.com). 


Sobat sebagai investor hanya perlu menyiapkan modal, nah modal tersebut akan dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan dalam portofolio efek. Portofolio efek tersebut terdiri atas produk-produk pasar uang, obligasi, maupun saham. 


Untuk memulai berinvestasi dengan instrumen ini, Sobat tidak perlu memiliki modal jutaan rupiah karena hanya dengan dana minimal Rp100.000, sobat sudah memiliki reksadana sebagai pilihan dalam berinvestasi. investasi reksadana ini termasuk investasi jangka panjang yang cenderung aman dibandingkan saham.


Nah menariknya di era digital ini, perkembangan investasi reksadana ini semakin berkembang sehingga muncul salah satu aplikasi yang sudah saya coba sekitar 8 bulan dan mendapatkan keuntungan sehingga membuat saya bersemangat untuk investasi reksadana. Aplikasi itu bernama bibit ☺😚 yang bisa diakses di Android, Web dan IOS. 



Aplikasi Investasi Reksadana Zaman Now : Bibit (Sumber Foto : Melex.id







Tampilan awal Aplikasi Bibit (http://heyrizki.my.id


Di aplikasi bibit terdapat Robo Advisor, dimana si robo akan membantu sobat dalam mengkalkulasi dan merancang portofolio investasi yang optimal berdasarkan indikator yang sobat tentukan. Indikator yang diberikan Robo Advisor yaitu :

A. Konservatif



2. Moderat



3. Agresif



Bagaimana sih Alur kerja Bibit?? 

  1. Auto Risk Profiling: Saat mendaftar dan memulai investasi, sobat harus mengisi 6 kuesioner singkat sesuai dengan profil dan tujuan investasi. Dengan Pilihan tersebut, si Robo Advisor akan menentukan profil risiko sobat sesuai dengan algoritma tanpa bias secara tepat.
  2. Auto Financial Plan: robo advisor merekomendasikan apa aja sih komposisi portofolio ideal sesuai dengan profil risiko yang sobat pilih. 
  3. Auto Rebalancing: Portofolio reksadana sobat akan mengoptimalkan otomatis seiring perkembangan kondisi pasar setiap kali sobat transaksi. 

Keunggulan Bibit dibandingkan Aplikasi Lainnya :


  • Tersedia produk Reksadana Syariah
  • Pemilihan investasi yang sangat mudah dengan dibantu robo advisor
  • Dana investasi yang tidak besar dan terjangkau
  • Tidak ada potongan pajak (bebas pajak) 
  • Gratis biaya Komisi, tidak ada potongan saat membeli portofolio produk
  •  Keamanan data yang selalu terjaga dengan teknologi canggih dan tinggi serta modern. dana yang sobat setor tidak akan masuk ke bibit melainkan akan disalurkan ke bank kustodian. jadi jika aplikasi bibit udah ga beroperasi, sobat bisa mengakses investasi sobat ke Manajer Investasi. 
  • Layanan Customer service cepat tanggap dan sangat ramah dan baik
  • Ada fitur Kamus Investasi, buat sobat yang ingin belajar istilah-istilah dalam. investasi reksadana
  • Bisa menabung dengan Dompet digital atau dengan virtual account Bank loh. prosesnya cepet. 
  • Ada tips dan trik artikel di halaman depan bibit, jadi sobat ga perlu takut untuk belajar investasi. 

Kelemahan Bibit :

  • Robot Advisor tidak terlalu wah. walaupun si robot mampu menganalisa profil resiko portofolio sobat namun belum tentu hasil yang didapatkan maksimal karena berdasarkan situasi kondisi produk reksadana tersebut. 
  • Produk yang ditawarkan di Bibit terbatas, karena dikhususkan untuk pemula belajar investasi dengan cara menabung rutin. 
Bagi yang berminat, saya ada kode diskon lumayan dapat cashback. siapa sih yang ga suka cashback?? hahaha lumayan bisa beli cilok haha.. canda cilok.. Nah bagi Sobat yang ingin memulai silahkan akses  Kode dari saya untuk mendapatkan Rp. 25.000 saat mendaftar. 

menabungcuma10k

Masukan kode diatas dan klik tautan http://bit.ly/bibitreferral1 untuk memulai menata masa depan sobat. 


Oke mungkin cukup sekian postingan saya, semoga bermanfaat buat sobat yang tersadar menabung zaman dulu vs zaman now mulai berbeda. Dengan belajar investasi sambil nabung diharapkan bisa membantu sobat dalam mengelola keuangan dan menata keuangan untuk keperluan masa depan. sekian dari saya, terima kasih sudah membaca postingan ini. sehat slalu sob 😊

Salam Hangat, happy menabung zaman now

Rizki Adi Saputra (Biasa dipanggil maski atau pace) 
Rizki Adi Saputra

Halo perkenalkan nama saya Rizki Adi Saputra, saya senang sekali menulis dan membaca.. Impian saya ingin menjadi seorang penulis yang handal dan menjadi seorang peternak sukses.. Saya suka banget dengan dunia koding seperti Game Maker, Sketchware dan lainnya.. Untuk karya - karya saya akan saya publikasi di blog saya. Selamat menikmati

1 Comments

Post a Comment
Previous Post Next Post