Aplikasi Estimasi Bobot Badan Ternak Tanpa Timbangan Karya Anak Bangsa

 Assalamua'alaikum,warahmatullahi wabarakatuh...

Halo teman-teman jumpa lagi di blog Hey Rizki, dikesempatan yang sejuk ini, asik penulis lagi duduk sambil menikmati sepoy-sepoy angin menghembus begitu lembut :D. Alhamdulilah masih diberikan angin sepoy sepoy hehehe, sehingga penulis bisa memposting diblog tercinta ini hehehe..

Oke, maaf basa-basi. kali ini sayabakal berbagi aplikasi buatan sendiri yang bertemakan peternakan, yaps karena saya mengambil jurusan peternakan maka saya ingin membuat sesuatu yang telah saya pelajari untuk kemudahan masyarakat. Nah, aplikasi ini bernama "REBOD" atau kepanjangannya yaitu Rizki Estimasi Bobot Badan Ternak,

Rebod (Rizki Estimasi Bobot Badan Ternak) merupakan aplikasi estimasi bobot badan ternak (sapi, kambing,domba) secara digital yang berfungsi sebagai pendugaan bobot badan ternak dengan menggunakan pendekatan rumus hasil penelitian.Rebod menggunakan Kecerdasan Buatan yang diprogram mampu menghitung secara cepat dengan menggunakan pendekatan rumus. Terkadang di Peternakan, timbangan bobot ternak tidak selalu ada, sehingga perlu dilakukan alternatif berupa pendekatan rumus. Bagi peternak hal ini dirasakan sulit, namun dengan Rebod diharapkan Peternak dapat melakukan estimasi bobot badan ternak dengan mengggunakan alat yang ada di peternakan, seperti tongkat ukur maupun pita ukur.Hasil yang ditunjukan rebod tidak selamanya akurat, rebod hanyalah alat untuk mengestimasi atau memperkirakan bobot badan ternak dengan hasil yang mendekati bobot badan nyata (Hasil timbangan ternak).

1. Tampilan Aplikasi

Tampilan halaman pembuka Rebod (sumber : Google Playstore)


Tampilan halaman awal Rebod (sumber : Google Playstore)


Tampilan halaman panduan pengukuran Rebod (sumber : Google Playstore)


Tampilan halaman Estimasi menggunakan pita ukur Rebod (sumber : Google Playstore)


2. Menggunakan Aplikasi Rebod

Untuk menggunakan aplikasi Rebod ini, silahkan teman-teman buka aplikasi Playstore (khusus Android), kemudian ketikan Rebod pada kotak pencarian atau bisa klik Tautan disini untuk langsung menuju ke halaman playstore Rebod. Jikas sudah, langsung instal dan tunggu sampai proses penginstalan selesai.

Setelah menginstal Silahkan buka Aplikasi Rebod, maka akan muncul dialog perizinan penyimpanan, silahkan izinkan dengan menekan Ya, untuk izin penyimpanan aplikasi rebod ini aman kok, aplikasi ini hanya menyimpan data penting sistem dan tidak akan melihat data memori internal kalian.

Nah setelah itu, teman-teman akan menuju halaman awal rebod, disana ada menu panduan, estimasi dengan pita ukur, estimasi dengan tongkat ukur dan pita ukur, dan Rondo digital (lagi dikembangkan). untuk memulai estimasi, silahkan pelajari bagaimana cara mengukur parameter pengukuran panjang badan dan lingkar dada dibawah ini :

Untuk Paramater pengukuran ternak bisa dilihat sebagai berikut :


1. Mengukur Panjang Badan
Mengukur jarak dari bongkol bahu (tuberositas humeri) sampai ujung tulang duduk (tuber
ischii
), menggunakan tongkat ukur  (SNI)

2. Mengukur Lingkar dada
Cara mengukur lingkar dada dengan melingkarkan pita ukur pada bagian dada dibelakang
punuk


Jika sudah, silahkan pilih menu estimasi, misalkan teman-teman menggunakan pengukuran lingkar dada maka silahkan pilih estimasi dengan pita ukur, dan silahkan input nilai pengukurannya dan klik kalkulasi untuk menampilkan hasil estimasi bobot badan.

Oke teman-teman, sekian postingan saya. semoga aplikasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman dan masyarakat.. Aaamiin.. Oiyah, kritik dan masukan saya persilahkan untuk perkembangaan aplikasi saya,

Wassalamualaikum, warahmatullahi Wabarakatuh

#Salamhangat
#Rizki


Rizki Adi Saputra

Halo perkenalkan nama saya Rizki Adi Saputra, saya senang sekali menulis dan membaca.. Impian saya ingin menjadi seorang penulis yang handal dan menjadi seorang peternak sukses.. Saya suka banget dengan dunia koding seperti Game Maker, Sketchware dan lainnya.. Untuk karya - karya saya akan saya publikasi di blog saya. Selamat menikmati

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post